Ketatnya
persaingan pasar di ranah maya, tentunya memaksa para pelaku bisnis toko online untuk
mulai memutar otak guna mencari cara jitu untuk memenangkan persaingan yang
ada. Salah satu caranya yaitu dengan menetapkan harga murah untuk menarik minat
calon konsumen.
Meski
strategi pricing atau menentukan harga produk memang bukan
perkara yang mudah bagi para pelaku usaha. Namun untuk bisa memenangkan
persaingan pasar, Anda harus lebih bijak dalam cara menentukan harga jual produk, agar tak ditinggalkan para pelanggan.
Untuk bisa
menenetapkan harga produk yang akan dijual melalui toko online, perlu
memperhitungkan banyak faktor. Hal itu terkait dengan mudahnya calon konsumen
untuk mengakses website kompetitor serta seberapa murah kisaran harga jual
produk yang ditawarkan para pemain lainnya di dunia maya. Jika Harga di website
toko online kita kurang bisa bersaing, maka bisa dipastikan bila konsumen Anda
akan berpaling ke website yang lain.
Nah, agar
Anda tak terjebak dalam permainan perang harga di dunia maya, berikut ini kami
informasikan 3 tips jualan di toko online dengan strategi harga murah yang
bisa Anda terapkan untuk memenangan persaingan pasar.
1. Sebagai pelaku bisnis toko online
terkadang kita terjebak dalam kondisi serba salah. Apabila kita membuat toko
murah online, maka value atau nilai lebih dari barang Anda
tidak akan tersampaikan sehingga bisa jadi konsumen memandang sebelah mata
kualitas produk yang Anda tawarkan. Untuk itu, sebaiknya Anda
menawarkan keuntungan lain bagi para konsumen seperti misalnya strategi
toko baju online yang memberikan free ongkir untuk setiap
pembelian diatas Rp 500.000,00. Dengan strategi tersebut, maka secara tidak
langsung Anda telah memancing pelanggan untuk membeli baju dengan jumlah
banyak.
2. Jika Anda berpikir bahwa menurunkan harga
hanya akan membuat Anda merugi, maka Anda harus mulai mempertimbangkan strategi
lainnya agar produk Anda terlihat lebih murah. Strategi seperti ini sering
dilakukan para pemilik toko online komputer untuk menarik minat calon konsumen,
contohnya saja dengan menawarkan produk gadget terbaru yang dilengkapi gratis
powerbank untuk 100 pembeli pertama.
3. Harga murah juga bisa Anda tawarkan dalam
bentuk ‘kejutan’. Dalam hal ini Anda dapat membuatnya dalam bentuk diskon
terbatas, misalnya konsumen yang membeli produk pada jam atau hari tertentu
akan mendapatkan diskon hingga 20%. Semakin besar diskon yang Anda berikan maka
semakin banyak pula transaksi penjualan yang Anda dapatkan.
Dengan
menerapkan ketiga strategi pricing di atas, semoga toko online Anda tak kalah
bersaing dengan website toko online lainnya di pasaran.
Sumber:
bisnisukm.com/menentukan-harga-jual-produk-di-ranah-maya.html
0 komentar:
Post a Comment