POST TITLE
POST TITLE
POST TITLE
POST TITLE

MACAM-MACAM JENIS MESIN JAHIT dan FUNGSINYA

Posted by




Mesin jahit merupakan alat utama untuk membuat sebuah produk sandang, selain bahan utama kain dan benang menjahit. Sesuai dengan kebutuhan untuk menjahit, mesin jahit ini di buat berdasarkan fungsinya, seperti yang akan di bahas di densublog kali ini dan berdasarkan yang saya ketahui selama jalan jalan di konveksi dan garment, mungkin bisa menjadi referensi juga untuk anda yang ingin mulai membuka usaha konveksi.

Sesuai dengan namanya mesin jahit, mesin jahit ini berfungsi untuk menggabungkan bagian yang satu dengan bagian yang lainnya, maksud dari “bagian” disini adalah elemen elemen yang akan di gabungkan menjadi sebuah produk jadi tekstil, seperti bagian lengan, kerah, badan, yang di buat berdasarkan pola. Banyaknya elemen bagian pada pakaian tergantung pada pola produk jadi tekstil yang kita buat. 

Penggunaan mesin jahit ini bemaksud untuk mempercepat proses pengerjaan sehingga waktu yang di perlukan untuk membuat produk jadi tekstil lebih cepat dan rapih, dan berpengaruh terhadap biaya produksi. Terutama untuk perusahaan garment yang lebih menekan biaya produksi dengan hasil yang baik.
Kembali ke topik kita tentang macam dan jenis mesin jahit, berikut kita bahas mesin jahit 

1. Mesin Jahit Klasik




Siapa yang gak kenal mesin jahit ini, sebelum ada mesin jahit ini ada mesin jahit yang menggunakan tangan, tepat karena mesin jahitnya di puar dengan tangan untuk menggerakan mesin, 

Mungkin mesin jahit ini cikal bakal sebelum terjadinya revolusi dengan era digital sekarang. cara kerjanya cukup gampang dan sangat murah, mesin jahit ini awalnya di gerakan dengan kaki namun dengan berjalannya waktu untuk mempermudah dalam kerja maka ada dynamo yang di jual secara terpisah, tentunya untuk mempercepat proses penjahitan.

2. Mesin Jahit HighSpeed


 
Mesin jahit ini sudah pakai mesin dengan kecepatan yang tinggi, pengguna mesin ini mesti mempunyai keahlian khusus, dengan system yang sudah dilengkapi dengan pemotong benang sendiri dan mengunci jahitan di awal dan di akhir penjahitan. Menggunaakan mesin jahit ini memberikan kualitas jahitan yang baik, kuantitas penjahitan akan lebih banyak sehingga tingkat efisien waktu lebih hemat, dan tentunya akan menekan cost produksi. 

Apabila ingin membuat usaha konveksi sebaiknya menggunakan mesin jahit ini, karena harga masih termasuk harga yang menengah boleh di bilang cukup murah, untuk mesin bekasnya di bandrol dengan harga 1 jutaan saja tergantung kondisi mesinnya. Harga murah dimbangi kualitas jahitan yang baik di tambah banyak yang sudah ahli menggunakan mesin jahit ini, menjadi pertimabangan sendiri untuk penggiat usaha konveksi dan garment. Banyaknya orang yang sudah bisa dan ahli, anda sebagai pengusaha tidak perlu lagi mengajarkan cara menggunakannya.

3. Mesin Jahit Automatic / Digital



Era Digital saat ini para produsen mesin jahit juga tidak ingin ketinggalan jaman, mereka ikut berpatisipasi di era digital ini, Para produsen ingin lebih memanjakan para konsumennya. Salah satunya mesin jahit ini. dibekali dengan system computer dan kecepatan yang tinggi memberikan anda sensasi dan sentuhan yang baru pada mesin jahit ini. Bagaimana tidak,  fitur di mesin ini cukup lengkap, hanya dengan menekan tombol konfigurasi yang ada pada bagian body mesin, kita bisa mendapatkan berbagai jenis jahitan, 

Harga yang ditawarkan pun berpariatif mulai dari harga 5jutaan, harga yang diberikan sesuai dengan fitur yang diberikan pada mesin jahit digital ini, semakin lengkap fiturnya maka siap – siap lah merogoh kocek lebih dalam.

Awalnya penggunaan mesin jahit jenis ini mungkin akan sedikit sulit karena banyaknya fitur yang ada, walaupun sudah ada sebagian mesin yang memakai monitor, sebaiknya manual book jangna di simpan terlalu jauh dari mesin ini. Mesin jahit digital ini cocok untuk industry kreatif karena variasi jahitan di mesin ini cukup banyak, jadi kreatifitas kita bisa disalurkan di mesin jahit ini. 

4. Mesin Jahit Obras


cocok untuk  overclocking dan overedging bahan ringan dan menengah pelumasan secara otamatis  dan kinerja yang sangat baik low sewing tension. Membuat jahitan lebih rapi dan terdapat pisau pemotong pada mesin ini, sebagai contohnya pada jahitan celana jeans, jahitan lebih kuat, mesin obras ini di gunakan di akhir pekerjaan menjahit.

5. Mesin Lubang Kancing



dari namanya kita sudah dapat menebak fungsi dari mesin jahit ini. Mesin ini berfungsi untuk membuat jahitan dalam atau untuk mebuat lubang kancing. Agar lobang kancing yang sudah di sobek tidak sobek atau memanjang kemana mana, dengan adanya msin jahit lobang kancing ini memberikan batas untuk kancing itu sendiri. Sebagai contohnya seperti pada kemeja, celana, jas dan yang lainnya yang menggunakan accessories kancing.

Pada beberapa tipe tertentu bisa sekaligus untuk memasang kancing, sehingga lebih effisien. Harganya cukup mahal 

6. Mesin Jahit Jarum Dua Rantai (Distro)




Mesin ini mengadopsi mekanisme tipe jarum feed mechanism, mengambil dan menangkap untuk menghasilkan dua baris jahitan rantai, yang tegas dan elastis, cocok untuk jahitan biasa dan jahitan dekoratif, pakaian dalam, pakaian berbahan dasar kaos, bedcover dan kulit. Ada lima jenis alat ukur yang tersedia untuk seleksi.

Mesin jahit ini banyak digunakan di Konveksi dan Garment yang memproduksi kaos dan menjadi salah satu standar jahitan yang diberikan oleh Buyer / pemesan.

7. Mesin Jahit Overdeck


Mesin ini mengadopsi sistem pelumasan otomatis tertutup yang lengkap, drive utama mengadopsi timing belt untuk menjamin kecepatan tinggi dan mengurangi kebisimgan. mesin jahit jenis ini harus di servive secara khusus, untuk meningkatkan kapasitas ketahanan aus nya.

Model dasar dari mesin ini dapat membentuk dasar menjahit dan tingkat lanjut. Mesin ini biasanya digunakan khusus untuk membuat pakainan berbahan dasar kaos, tetapi dapat juga digunakan untuk menjahit ritsleting nilon dan scallop.

8. Mesin Neci



 Mesin ini digunakan untuk menjahit tepian kain, dengan  mesin ini tepiankain akan lebih rapi karena dilengkapi dengan pisau pemotong, untukl anda yang ingin membuka usaha kerudung pembuatan pashmina wajib mempunyai mesin ini.

Demikian macam – macam jenis mesin jahit dan fungsinya, semoga dapat membantu dan bermanfaat, karena waktu sudah menujukan jam 04.00 WIB, maka sudah saatnya tidur. Terima kasih telah meluangkan waktunya untuk berkunjung di densublog ini.


 




Demo Blog NJW V2 Updated at: 20:54:00

22 komentar:

  1. Klo mesin jahit 2jarum trus ada pengait berputar menarik benang antar kedua jarum masuk jenis yg mana ya gan. Saya cari2 kok tidak ada

    ReplyDelete
  2. Bagus info mesin jahitnya...kalau mesin neci itu cuma ada satu...brand pegasus dan mesinnya adalah obras pegasus....mampir juga ke blog ane

    http://jacksewingmachineindo.blogspot.co.id/2014/12/mesin-jahit-jack-dengan-teknologi.html

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Itu syirik pak.. Kekal di neraka menurut ajaran islam.. Kalau bapak bukan muslim, berarti tdk termasuk..

    ReplyDelete
  5. Maaf kalo tahun rilis nya masing masing mesin jahit ada gk pak?

    ReplyDelete
  6. Wong taek ancen seng mosting iku. Juancok tenan

    ReplyDelete
  7. Dengan Hormat,
    Perkenalkan kami dari PT.NAUFAL LINDO ASIA, Jasa Pengurusan Customs Clearance untuk barang- barang import baik Door to Door maupun Resmi/legal serta peminjaman Perusahaan/Under Name ke Indonesia.
    Kami dapat menghadle semua jenis import komodity dengan air freight atau sea freight ke Indonesia.
    Kami juga bisa mengerjakan sistim Borongan (All-In) barang-barang yang berupa :Mesin Baru/Bekas, Pompa, Besi/Baja, Pipa, Kertas, Alkes, Spare Part, Genset, Elektronics, Garment & Textile dan barang lainnya

    Rutin schedule Import consolidator Door to Door kami sebagai berikut :
    By Air Freight / Sea freight

     Singapore to Indonesia
     China to Indonesia
     Asia to Indonesia
     Taiwan to Indonesia
     Malaysia to Indonesia
     Eropa to Indonesia

    Rate yang kami tawarkan sudah termasuk ex-works rate dari origin, Freight Charges air / sea, Pajak dan bea masuk
    Di Indonesia, Sea port / air port charges di Indonesia serta delivery charges to Door penerima.

    Apabila Bapak/Ibu ada keluhan dalam kegiatan import baik yang sudah terlanjur kirim maupun belum,kami bisa menbantu dengan sepenuh nya.

    Untuk sementara yang bisa kami tawarkan penawaran resmi,sedangkan harga Door to Door baru bisa kami berikan setelah ada permintaan atau adanya data-data barang

    Demikianlah penawaran ini kami ajukan semoga dapat terjalin kerjasama yang baik kami ucapkan. Terima Kasih


    Best Regards
    ADITIA

    PT.NAUFAL LINDO ASIA
    Gedung PembinaGraha Lt,3 Room 304
    Jl.DI Panjaitan NO 45 Jakarta Timur 13350 Indonesia
    Telp : 6221-85910156 Hunting-021-21011425
    Fax :6221-21381949
    Hp/WA : 0812 1089 8179
    Email :aditia@naufallindoasia.com
    Web :www.naufallindoasia.com

    ReplyDelete
  8. Bnayak juga ternyata jenis² mesin jahit

    ReplyDelete
  9. Mau tanya ni apa mesin overdeck utk kaos bisa juga digunakan utk menjahit jeans ? Terimakasih

    ReplyDelete
  10. Dengan Hormat,
    Perkenalkan kami dari PT.MEGATON SAMUDERA ASIA International Freight Forwarding, melayani pengirimam dengan pembelian EX WORKS, FOB, C&F, CIF, dari seluruh Negara dan service yang kami tawarkan sebagai berikut :

    Ø Sea and Air Cargo Service
    Ø Customs Clearance Service
    Ø International Courier Services
    Ø Domestic Services
    Ø Import Borongan Mesin Bekas
    Ø Undername Import KUOTA SPI Biji Plastik
    Ø Undername Import KUOTA SPI Besi & Baja
    Ø Borongan ( All-In )
    Ø Undername (Penyewaan Consegnee)

    Demikianlah Penawaran Jasa ini kami ajukan Kepada Perusahan yang Bpak/Ibu Pinpin Semoga terjalin kerjasama dengan Baik Untuk yang akan datang, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

    PT.MEGATON SAMUDERA ASIA
    Gedung Pembina Graha Lt. 02 Room. 221
    Jl.D.I Penjaitan No.45 Rawa Bunga Jakarta 13350

    Contact :
    Tlp : +62 21 – 8591 7799
    Fax : +62 21 – 2232 6705
    Web : www.importundername.com
    Web : www.msalogistics.co.id
    Web : www.undernameimport.com
    Web : www.profesionalcustoms.com
    BP. ZAIN
    Hp.Wa 08124888854
    Hp.Wa 08122223856

    ReplyDelete
  11. Perkenalkan kami PT.Seo Icon Pasifik adalah perusahaan Jasa Customs Import, International
    Sea and Freight Forwarding, sekaligus Specialist dalam bidang Jasa Customs Clearance di Kepabeanan baik via
    Bandara maupun Pelabuhan di seluruh Nusantara.
    Perusahaan kami PT.Seo Icon Pasifik bekerja sama dalam bidang Jasa sebagai berikut :
    1. Under name Import
    2. Borongan Import
    3. Custom Clearance
    4. Door to Door, Port to Door, dari ke seluruh negara dengan harga service yang bagus.
    5. By Air or Sea (Local and International)
    6. Untuk semua jenis barang termasuk Dangerous Cargo atau Personal
    7. Import mesin bekas / sudah terpakai.
    Kami Mempunyai Lisensi Import diantaranya :

    – NIB
    – N P W P
    – A P I-U
    – PI BESI-BAJA
    – LS / SNI / Izin Import barang bukan baru

    Kategori barang Import yang kami miliki izin di SIUP & API-U :
    < Garment/Pakaian Jadi, Sepatu/Alas Kaki,Mesin dan Spare Parts, Plastic/Fiber,
    < Truck/Alat Berat dan Spare Parts, Alat Transportasi Laut dan Udara, Peralatan Rumah Tangga,Kimia, Domestic
    Khusus penawaran UNDERNAME bagi customer anda yang belum memiliki izin import.

    Kami juga mempunyai kuota untuk import mesin atau barang-barang bekas.
    Dan jika perusahaan anda mempunyai masalah dengan barang import tertahan di BC, kami juga siap membantu.

    Untuk project import partai besar anda bisa hubungi kontak kami untuk meeting terlebih dahulu agar kami bisa memberikan harga semurah mungkin.

    Kami PT.Seo Icon Pasifik siap menjadi mitra terpercaya yang memberikan pelayanan sesempurna mungkin dengan perusahaan anda.

    https://jasa-import-murah.com/jasa-import-barang-bekas-jasa-import-mesin-bekas/
    https://jasa-import-murah.com/jasa-import-barang-bekas-jasa-import-mesin-bekas/
    https://jasa-import-murah.com/jasa-import-barang-bekas-jasa-import-mesin-bekas/
    https://jasa-import-murah.com/jasa-import-barang-bekas-jasa-import-mesin-bekas/
    https://jasa-import-murah.com/jasa-import-barang-bekas-jasa-import-mesin-bekas/

    ReplyDelete
  12. https://jasa-import-murah.com/jasa-customs-clearance/

    ReplyDelete
  13. https://jasa-import-murah.com/jasa-customs-clearance/

    ReplyDelete
  14. Layanan Pendanaan Le_Meridian melampaui dan melampaui persyaratan mereka untuk membantu saya dengan pinjaman saya yang saya gunakan memperluas bisnis farmasi saya, Mereka adalah permata yang ramah, profesional, dan mutlak untuk bekerja dengan. Saya akan merekomendasikan siapa pun yang mencari pinjaman untuk dihubungi. Email..lfdsloans @ lemeridianfds.com Atau lfdsloans@outlook.com.WhatsApp ... + 19893943740.

    ReplyDelete
  15. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    ReplyDelete
  16. Secara umum bukannya jenis mesin jahit itu ada 4 ta? Ada flatbed, postbed, cylynder, dan automatic
    Hehe..

    ReplyDelete
  17. PT.AZZAHRA PESONA ABADIGeneral Trading & Supplier 
    Kepada Yth.
    Bapak/Ibu Pimpinan Perusahaan-Purchasing / Marketing / Import Dept.

    Di-
    Tempat.

    Dengan Hormat,
    Kami Dari PT.AZZAHRA PESONA ABADI Sebagai Perusahaan Jasa Kepabeanan yang Menangani Customs Clearance Import Via Bandara Maupun Pelabuhan Seluruh Nusantara. Dan Menyewakan Undername Bagi Consigne yang Belum Lengkap Untuk Persyaratan dan Izin Importnya.


    Keterangan tambahan :1.     Surat Registrasi Pabean ( NIK )2.     Angka Pengenal Importir ( API )3.     N P I K ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )4.     IT ( Besi Baja, Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki -        lainnya )5.    NPWP, SIUP, TDP & Akte Notaris6.    Kadin & Others Sub Bidang7.    Pengurusan Izin SIUP JPT8.    Pengurusan Izin Sucopindo ( LS )9.    Pengurusan Izin Label SNI ( Berbahasa Indonesia )10.  Pengurusan Izin BPOM11.  Pengurusan SNI12.  Pengurusan Izin & Limbah Pabrik B3, B1, B2 & Izin Oprasionalnya13.  Pengurusan Surat Izin Lainnya

    Product dan Service kami antara lain :
    1.     Sea and Air Cargo Service
    2.     Import Customs Clearence Service
    3.     International Courier Service
    4.     Domestic Service
    5.     Consigne / Undername
    6.     Borongan ( All-In )

    Demikianlah Penawaran Jasa Ini Kami Ajukan, Besar Harapan  Kami Bisa Berkerjasama dengan Perusahaan Bapak/Ibu dan Atas Perhatiannya Kami Ucapkan Terima Kasih.


    Hormat Saya,     DAFIHP/WA: 081210315195

    PT.AZZAHRA PESONA ABADIGD. Building, Suite 113
    Jl. Jatinegara Barat No.116H (Terminal Kampung Melayu)Jakarta Timur 13320 Indonesia.Tlp; 021 2101 8238 (Hunting)Email: mkhadafii.import@gmail.com

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Finest Garment Konveksi/Vendor pakaian di Surabaya. Memproduksi berbagai produk garment seperti :
    - KAOS
    - POLO
    - KEMEJA
    - JAKET
    - JERSEY
    - DLL

    Follow Our Social Media on
    Instagram | @finest_garment
    Youtube | Finest Garment
    Facebook | Finest Garment

    Contact Info :
    whatsapp | 0812-4428-4649
    e-mail | surabaya@finest-garment.com
    website | https://finest-garment.com/
    DIBORDIR, DISABLON, DIJAHIT DENGAN CINTA

    ReplyDelete
  20. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial
    Hemat biaya Energi dan listrik
    Mengurangi mikroba & menghilangkan lumut


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    1.
    Coagulan, nutrisi dan bakteri
    Flokulan
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Garment wash
    Eco Loundry
    Paper Chemical
    Textile Chemical
    Degreaser & Floor Cleaner Plant

    2.
    Oli industri
    Oli Hydrolik (penggunaan untuk segala jenis Hydrolik)
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    3.
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem
    Alat-alat listrik
    Packaging
    Pallet
    CAT COLD GALVANIZE COMPOUND K 404 CG
    Almunium

    ReplyDelete

Powered by Blogger.